WhatsApp-Image-2020-05-04-at-23.49.371

Agrowisata Adiluhur “SAAALUUR”, Ikon Baru di Desa Wisata Adiluhur Kebumen

Logo Salur (Agrowisata Adiluhur)
Museum Desa Adiluhur
Pengembangan Salur dilihat dari Atas
Rumah Kaca Media Tanam Hidroponik
Desain Taman Salur

Agrowisata Adiluhur (Saaaluur) menjadi sebuah ikon baru dari Desa Wisata Adiluhur, Kebumen. Dana Bankeu Provinsi Jawa Tengah senilai 1 Milyar Rupiah yang diberikan kepada Desa Wisata Adiluhur melalui Pemdes Desa Adiluhur dimanfaatkan oleh Pengelola Desa Wisata untuk mengembangkan sebuah ikon wisata baru yang memanfaatkan potensi alam pedesaan di Desa Wisata Adiluhur.

Rencananya pembangunan “Saaaluur” akan dimulai di Bulan Agustus pasca wabah pandemi covid-19 diperkirakan akan berakhir. “Saaaluur” sendiri dibangun di lahan seluas sekitar 200 ubin yang merupakan hibah dari Pemdes Adiluhur kepada Bumdes Mulia Jaya Desa Adiluhur. Kawasan ini terintegrasi dengan beberapa obyek wisata yang ada di Desa Wisata Adiluhur seperti Taman Reptil Adiluhur (TARA) dan Kampung Wisata Inggris Kebumen (KWIK).

“Saaaluur” yang berkonsep agrowisata berbasis edukasi pertanian dan peternakan ini akan menjadi icon wisata yang unik mengingat dalam praktiknya nanti wisatawan tidak hanya diajak untuk berwisata saja, tetapi belajar dan mengeksplorasi kegiatan tradisional di pedesaan utamanya dalam bidang pertanian seperti menyemai benih padi (nyebar winih), menanam padi (matun), memanen padi (derep), dan yang seru juga akan ada aktivitas membajak sawah dengan menggunakan bajak tradisional yang ditarik dengan hewan kerbau. Seru bukan?

Apalagi di kawasan ini juga akan dibangun galeri museum pertanian kuno yang berisi barang-barang kuno peninggalan zaman dulu yang dilengkapi dengan outbond dan saung-saung kecil yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk beristirahat sembari menyantap kuliner khas Desa Wisata Adiluhur.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print